Pendekatan Brand Centred HRM dan Brand Citizenship Behavioral dalam Upaya Pemerintah Daerah Untuk Menekan Penyebaran Covid 19 di Sulawesi Selatan Sebuah Analisis Konsep pada Duta Program Rekreasi Covid-19

Authors

  • Green Welliam Manueke

Keywords:

Brand-centered human resource management; Brand citizenship behavior; Covid-19; Duta covid-19

Abstract

Tulisan ini bermaksud untuk mengkaji juga melihat aspek apa saja yang bisa ditingkatkan melalui pendekatan BCHRM dan BCB agar program Rekreasi Duta-Covid-19 dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan semakin baik kedepannya. Penggunaan strategi pemasaran yang biasa digunakan di perusahaan dalam mengevaluasi kinerja sebuah program pemerintah mungkin masih jarang ditemui tetapi penting untuk dikaji. Terdapat tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam menerapkan Brand Centered HRM dalam hubungannya dengan Brand Ccitizenship Behavior pada pelaksanaan Duta Covid-19. Dari Brand Centered Staffing terdapat dua aspek yang perlu diperhatikan oleh pelaksana program Rekreasi Duta Covid-19, yaitu tenaga kesehatan serta peserta yang nantinya akan menjadi duta Covid-19. Dalam hal ini setiap tenaga kesehatan yang dipilih baiknya juga dibekali dan dijadikan Duta Covid-19. Hal ini dimaksudkan agar stigma masyarakat terhadap tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 sama buruknya dengan penderita Covid-19 itu sendiri. Pada bagian Brand Centered Training and Education juga harus tetap memperhatikan kedua aspek tadi, karena peserta dan tenaga kesehatan yang merawat mereka sama rentannya terhadap stigma serta sama-sama membutuhkan pelatihan, walaupun dengan porsi dan tujuan yang berbeda. Terakhir yaitu, mengenai Brand Centered Compensation dalam hal ini belum terdapat kompensasi yang jelas bagi peserta yang secara aktif memainkan perannya sebagai Duta Covid-19 sehingga sulit untuk mengukur apakah program ini telah benar-benar menghasilkan Duta-duta Covid-19 yang efektif ditengah masyarakat.

References

Ahmad Said Alshuaibi, Faridahwati Mohd Shamsudin, and Norzalita Abd Aziz, ‘Developing Brand Ambassadors: The Role of Brand-Centred Human Resource Management’, International Review of Management and Marketing, 6.S7 (2016).

Andri Saubani, ‘Kelakar Menhub: Kita Kebal Corona Karena Doyan Nasi Kucing | Republika Online’, 2020.

Asad Ur Rehman and Salniza Bt Md Salleh, ‘Brand-Centered Human Resource Practices and Brand Citizenship Behavior: The Notion to Develop Competitive Advantage’, Review of Economics and Development Studies, 5.2 (2019).

Baldwin, T. T., & Ford, J. K. (1988). Transfer of Tranining: a review and directions for future research. [Article]. Personnel Psychology, 41(1).

Burmann, C., & Zeplin, S. (2005). Building brand commitment: A behavioral approach to internal brand management. The Journal of Brand Management, 12(4).

Frans M Royan, 2004, Marketing Selebrities, Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: Media Komputindo.

Ghita Intan, ‘Genjot Pariwisata Di Tengah Wabah Virus Korona, Jokowi Janji Beri Diskon’, 2020.

Heneman III, H. G., et, al, 2012, Staffing organizations (7th ed.). New York: McGraw-Hill

Hsu-Hsin Chiang and others, ‘A Multilevel Investigation of Relationships among Brand‐centered HRM, Brand Psychological Ownership, Brand Citizenship Behaviors, and Customer Satisfaction’, European Journal of Marketing, 2012.

Ihsanuddin and Rakhmat Hakim, ‘Jokowi: Kita Putuskan Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar’, 2020.

Isabel Buil, Eva Martínez, and Jorge Matute, ‘From Internal Brand Management to Organizational Citizenship Behaviours: Evidence from Frontline Employees in the Hotel Industry’, Tourism Management, 57 (2016).

Juliana Kaplan, ‘Countries That Are on Lockdown Because of Coronavirus - Business Insider’, 2020.

Matthew S Porricelli and others, ‘Antecedents of Brand Citizenship Behavior in Retailing’, Journal of Retailing and Consumer Services, 21.5 (2014).

Matthew S Porricelli and others, ‘Antecedents of Brand Citizenship Behavior in Retailing’, Loc.cit

Noel, Hollenbeck R.A., et al, 2003, Human Resource Management: Gaining a competitive adavantage, 4th ed., New York: McGraw Hill

Nyadzayo, Munyaradzi W, dkk, 2016, The Antecedents of Customer Loyalty: A Moderate Mediation Model of Customer Relationship Manage,ent Quality an Brand Image, Journal of Retailing Consumer Service vol. 30.

PEMPROV SULSEL, ‘Sulsel Tanggap COVID-19’, 2020.

Punjaisri, K., & Wilson, A. (2007). The role of internal branding in the delivery of employee brand promise. Journal of Brand Management. http://dx.doi.org/10.1057

Sandra Jeanquart Miles & Glynn Mangold, 2004, A Conceptualization of the Employee Branding Process, Journal of Relationship Marketing vol. 3. https://doi.org/10.1300/J366v03n02_05

Scott A Hurrell and Dora Scholarios, ‘“The People Make the Brand” Reducing Social Skills Gaps Through Person-Brand Fit and Human Resource Management Practices’, Journal of Service Research, 17.1 (2014).

Siti Masluha, ‘Menkes Terawan Tegaskan Masker Hanya Untuk Orang Sakit’, 2020.

Terence A Shimp, 2014, Komunikasi Terpadu dalam Periklanan Promosi, Jakarta: Salemba Empat.

U. Sumarwan, 2003, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

‘Warganet Kritik Menkes Terkait Pemberian Gelar Duta Imunitas Corona | Indozone.Id’.

‘WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard | WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard’, 2020.

Downloads

Published

2021-11-02

Issue

Section

Articles