PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KASUS PADA PELANGGAN GRAB BIKE DI KOTA MANADO)

Authors

  • Fandy Yones Latuni Universitas Nusantara Manado
  • Seska Gampu Universitas Nusantara Manado
  • Marshel Yitro Imato Universitas Nusantara Manado

Keywords:

Kualitas Layanan, Harga dan Citra Merek, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Transportasi online merupakan yang berbasis satu aplikasi tertentu dimana konsumen satu transportasi melalui satu aplikasi didalam smartphone. Beberapa usaha yang ada di Indonesia seperti,Go-jek ,Uber,Grab,Maxim dsd semuanya mempersatukan usaha yang dilakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan dengan mengedepankan harga yang bias dijangkau dan citra merek yang tetap dipertahankan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan transportasi online; (2) pengaruh harga dan citra merek, terhadap loyalitas pelanggan transportasi online khususnya ojek online di kota Manado. Penelitian ini, merupakan penelitian dengan menggunakan metoe survey yaitu dengan cara mengumpulkan data dan informasi mengenai kepuasan pembelian dari responden.

References

Alma, 2009. Manajemen Pemasaran, Alfabeta, Bandung.

Amir, Taufik,2005. Dinamika Pemasaran, Rajawali Pers. Jakarta

Arisutha, Damartaji, 2005. Dimensi Kualitas Pelayanan. Penerbit Gramedia. Pustaka, Jakarta

Barata, Atep. D., 2001. Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Daryanto, 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung

.

Engel, James, 1990. (Diterjemahkan oleh Purwoko) Satisfaction; A Behavioral

Perspective On The Consumer. Mc-Graw Hill Companies Inc., USA.

Gaspersz, Vincent, 2003. Manajemen Bisnis Total - Total Quality Management .

Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hasan, Ali, 2008, Marketing, cetakan pertama, Penerbit : Medpress, Yogyakarta.

Hurriyati, Ratih, 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, cetakan

pertama, Penerbit : Alfabeta, Bandung .

Istiqomah, Rahayu. 2015. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Perbankan Syariah STAIN Salatiga Untuk Menjadi Nasabah di Perbankan Syariah”. Skripsi. Salatiga: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Kotler, 2008.Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan

Kontrol, Edisi 9, Jilid 2, New Jersey : Prentice – Hall, inc.

Kotler, Philip, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Laksana, Fazar, 2008. Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Magdalena, Jessica, 2012. Inovasi, kreatifitas, dan perilaku inovatif. Ilearning.com

Margaretha, 2003. Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi. Penerbit Mandar Maju, Jakarta.

Martul, Shadiqqin, 2004. Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Konsumen. Penerbit Sinar Grafika,Jakarta.

Marzuki, 2005. Metodologi Riset Penelitian, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Moenir, 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Gramedia, Jakarta

.

Oemi, 1995. (Diterjemahkan oleh Purwoko) Measuring Customer Satisfaction;

Survey Design, Use and Statistical Analysis Methods.ASQ Quality Press, Wisconsin, USA.

Parasuraman, A. Valerie, 2001. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York

Sugiono,2012. Metode Penelitian Bisnis,Alfa Beta.Bandung

Tjiptono dan Chandra, 2011. Kepuasan Pelayanan. Salemba Empat, Jakarta.

Tjiptono, 2012. Strategi Bisnis Pemasaran, Andi, Yogyakarta.

Usmara, Usri, 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran, Cetakan Pertama, Amara Books, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-12-30