Pengaruh Rasio Perputaran Modal Kerja (Total Assets Turnover) Terhadap Ratio Profitabilitas (Return On Assets) Pada PT Midi Utama Indonesia TBK Tahun 2010-2021

Authors

  • Iren Meiske Pesik Universitas Nusantara Manado
  • Fandy Latuni Universitas Nusantara Manado
  • Ralph Eduard Lombonaung Universitas Nusantara Manado

Keywords:

Total Asset Turn Over dan Return On Asset

Abstract

Pada tahun 2045 di mana Indonesia sudah mencapai 100 tahun sejak berdirinya tahun 1945,  diprediksi Indonesia sudah menjadi negara maju dengan pencapaian  yang akan di capai menjadi no 5  didunia  tingkat Produk Domestik kotor ( PDB)   dengan kisaran nilai PDB  sebesar USD 9.100 milyar atau jika dikonversikan dengan kurs Rp.15.000/$  menjadi kurang lebih  Rp 136 .000 Trilyun dengan jumlah  pendapatan Perkapita USD 30.000 per tahun, dan  jumlah penduduk indonesua sudah mencapai 300 juta jiwa dengan pembagian kelas penduduk   menengah diangka sebesar 82% dan penduduk yang berusia produktif  diantara 15 tahun samapi dengan 65 tahun mencapai angkah 52% dari total populasi. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui kontribusi dan besar hubungan Total Asset Turn Over (TATO) terhadap laba Return On Asset (ROA). Penelitian ini menggunakan dua metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan dua data yaitu data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan dua teknik penelitian yaitu, teknik pengumpulan data dan teknik analisis. Hasil penelitian ini setiap pengurangan satuan dari TATO maka akan mengurangi kontribusi perubahan ROA. Nilai korelasi antara TATO terhadap ROA menunjukkan hubungan korelasi yang lemah, sedangkan nilai determinasi antara TATO dan ROA berdasarkan uji hipotesis menyatakan pengaruh yang tidak signifikan.

References

I. Y. Astuti, “Pengaruh perputaran modal kerja terhadap kinerja keuangan,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2016.

G. Abdurrahman, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora, 2008.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, 3rd ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13781/Indonesia-Maju-2045-Kenyataan-atau-Fatamorgana.html

Downloads

Published

2024-01-23