PENGOLAHAN KULIT LUAR BUAH KELAPA SEBAGAI PARTISI RUANGAN DENGAN TEKNIK ANYAM

Authors

  • Ayesha Aramita L. Malonda Universitas Nusantara Manado
  • Hendrik Suryo Suriandjo Universitas Nusantara Manado
  • Karry E.H. Umboh Universitas Nusantara Manado
  • Yogini A. Wulur Universitas Nusantara Manado
  • Ronald R. Tampinongkol Universitas Nusantara Manado
  • Jonathan Frensly Ijong Universitas Nusantara Manado

Keywords:

Kata kunci: Kulit kelapa, Teknik anyam, Partisi ruangan, Desain berkelanjutan, Arsitektur interior, Material ramah lingkungan.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pendekatan inovatif untuk mengolah material kulit luar kelapa dengan tujuan menciptakan partisi ruangan melalui teknik anyam. Penelitian ini menjawab kebutuhan akan solusi yang berkelanjutan dan serbaguna dalam desain interior dan manajemen ruang. Metodologi yang dikembangkan melibatkan pemilihan dan persiapan kulit luar kelapa yang cermat, diikuti dengan penerapan berbagai teknik menganyam untuk menciptakan partisi ruangan yang kuat dan estetis. Metodologi penelitian meliputi beberapa tahap, termasuk persiapan kulit luar kelapa melalui proses pembersihan dan pengkondisian, eksplorasi pola anyaman yang berbeda, dan evaluasi karakteristik struktural dan visual dari partisi yang dihasilkan. Alat-alat analisis canggih digunakan untuk menilai kekuatan tarik, fleksibilitas, dan daya tahan keseluruhan dari bahan anyaman serat kelapa. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki keberlanjutan lingkungan dan keramahan lingkungan dari teknik partisi ruangan yang diusulkan. Hasil dari penelitian ini menawarkan wawasan yang berharga tentang potensi aplikasi material kulit luar kelapa dalam desain interior dan pemanfaatan ruang. Partisi anyaman tidak hanya menunjukkan kemampuan beradaptasi dan kekuatan serat kelapa, tetapi juga berkontribusi pada praktik berkelanjutan dalam penggunaan material. Temuan penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi pada solusi desain interior yang ramah lingkungan dan dapat menginspirasi penggabungan serat alami dalam elemen arsitektur.

References

Bankar, S. et al., 2018. Coconut Fiber Composites: A Review. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology [IJIERT], pp. 129-133.

Bermuller, B., 2021. COCONUT-& JUTE-FIBRE; Erosion Control Mats, Rotterdamer: Bermuller & Co GmbH.

Brose, A., Kongoletos, J. & Glicksman, L., 2019. Coconut Fiber Cement Panels as Wall Insulation and Structural Diaphragm. Frontiers in Energy Research, Volume 7.

Cherian, S. M., 2023. COIR GEOTEXTILES, s.l.: s.n.

Kuan, S. & Lippit, Y., 2012. Kenzō Tange : architecture for the world. Zurich, Switzerland: Lars Muller Publishers.

Makri, A., 2020. Knowledge for Development. [Online]

Available at: https://k4d.ch/homes-made-of-coconut/

[Accessed 14 Desember 2023].

Mishra, L. & Basu, G., 2020. Coconut fibre: its structure, properties and applications. Woodhead Publishing Series in Textiles, Volume Volume 1: Types, Properties and Factors Affecting Breeding and Cultivation, pp. 231-255.

Silva, A. R. D. et al., 2023. Developing a low-cost thermally insulated ceiling sheet system using coir fibre. [Online]

Available at: https://www.qeios.com/read/JP9GVT/pdf

[Accessed 14 Desember 2023].

Sirsat, G. & Narwade, A., 2018. Strength of Coconut Fibre Composite. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology [IJIERT], pp. 161-163.

Sujatha, A. & Balakrishnam, S. D., 2021. Properties of Coconut Shell Aggregate Concrete : A Review. Advances in Civil Engineering, pp. 759-769.

Tambun, J., n.d. Keterampilan Mengolah Sabut Kelapa Menjadi Papan Partikel. s.l.:MITRA.

Downloads

Published

2024-01-23