GLOBAL SCIENCE http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal <p><strong>Jurnal Ilmiah “Global Science”</strong> terbit berdasarkan SK Kepala LPPM Universitas Nusantara, No. 01/S.Kep-LPPM/UN/VII/2020. Jurnal ini merupakan media komunikasi ilmiah dengan prioritas isi berupa artikel ilmiah hasil penelitian dan pendalaman kajian pustaka.</p> <p><span class="fontstyle0">Isu terbitan terdiri dari empat pokok bahasan atau topik, yaitu mengenai pertanian-ilmu tanah, ilmu komputer, bisnis &amp; ekonomi, dan teknik arsitektur perkotaan.</span></p> en-US lppm@nusantara.ac.id (Hendrik Suriandjo) christari@nusantara.ac.id (Christari Palit) Tue, 23 Jan 2024 00:00:00 -0800 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PEPAYA CALIFORNIA (CARICA PAPAYA L.) DI FRESHMART PANIKI MANADO http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/65 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar<em> Periklanan </em>berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California <em>(Carica Papaya L.)</em> di FreshMart Paniki Manado, <em>Promosi Penjualan </em>berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California <em>(Carica Papaya L.)</em> di FreshMart Paniki Manado, <em>Publisitas </em>berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California <em>(Carica Papaya L.)</em> di FreshMart Paniki Manado, <em>Penjualan Personal </em>berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California <em>(Carica Papaya L.)</em> di FreshMart Paniki Manado, <em>Penjualan Langsung </em>berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California <em>(Carica Papaya L.)</em> di FreshMart Paniki Manado, <em>Bauran Promosi </em>secara simultan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California <em>(Carica Papaya L.)</em> di FreshMart Paniki Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatori. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu <em>Periklan (X1), Promosi Penjualan (X2), Publisitas (X3), Penjualan Personal (X4), Penjualan Langsung (X5)</em>, sedangkan variabel terikatnya yaitu<em> Keputusan Konsumen. </em>Dalam penelitian ini populasi adalah para konsumen di FreshMart Paniki Manado. Pengambilan sampel dengan metode <em>accidential sampling </em>sebesar 60 orang. Data primer diperoleh dengan memberikan pertanyaan (<em>questionnaire</em>) dan melakukan wawancara (<em>interview</em>), sedangkan data sekunder diperoleh melalui kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan melalui analisis regresi linier berganda, perhitungan koefisien kolerasi (r), koefisien determinasi, uji signifikansi simultan (uji f), dan uji hipotesis parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif Variabel Periklanan (X1) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (<em>Carica Papaya L.) </em>di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Promosi Penjualan (X2) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (<em>Carica Papaya L.) </em>di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Publisitas (X3) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (<em>Carica Papaya L.) </em>di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Penjualan Personal (X4) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (<em>Carica Papaya L.) </em>di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Pemasaran Langsung (X4) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (<em>Carica Papaya L.) </em>di FreshMart Paniki Manado (Y).</p> <p>&nbsp;</p> Merry Ratar, Evawani Tomayahu, Stevan Patris Wewengkang Copyright (c) 2024 Merry Ratar, Evawani Tomayahu, Stevan Patris Wewengkang https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/65 Tue, 23 Jan 2024 00:00:00 -0800 Pengaruh Rasio Perputaran Modal Kerja (Total Assets Turnover) Terhadap Ratio Profitabilitas (Return On Assets) Pada PT Midi Utama Indonesia TBK Tahun 2010-2021 http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/70 <p>Pada tahun 2045 di mana Indonesia sudah mencapai 100 tahun sejak berdirinya tahun 1945,&nbsp; diprediksi Indonesia sudah menjadi negara maju dengan pencapaian&nbsp; yang akan di capai menjadi no 5&nbsp; didunia&nbsp; tingkat Produk Domestik kotor ( PDB)&nbsp;&nbsp; dengan kisaran nilai PDB&nbsp; sebesar USD 9.100 milyar atau jika dikonversikan dengan kurs Rp.15.000/$&nbsp; menjadi kurang lebih&nbsp; Rp 136 .000 Trilyun dengan jumlah&nbsp; pendapatan Perkapita USD 30.000 per tahun, dan&nbsp; jumlah penduduk indonesua sudah mencapai 300 juta jiwa dengan pembagian kelas penduduk&nbsp;&nbsp; menengah diangka sebesar 82% dan penduduk yang berusia produktif&nbsp; diantara 15 tahun samapi dengan 65 tahun mencapai angkah 52% dari total populasi. Tujuan penelitian ini&nbsp; untuk mengetahui kontribusi dan besar hubungan Total Asset Turn Over (TATO) terhadap laba Return On Asset (ROA). Penelitian ini menggunakan dua metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan dua data yaitu data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan dua teknik penelitian yaitu, teknik pengumpulan data dan teknik analisis. Hasil penelitian ini setiap pengurangan satuan dari TATO maka akan mengurangi kontribusi perubahan ROA. Nilai korelasi antara TATO terhadap ROA menunjukkan hubungan korelasi yang lemah, sedangkan nilai determinasi antara TATO dan ROA berdasarkan uji hipotesis menyatakan pengaruh yang tidak signifikan.</p> Iren Meiske Pesik, Fandy Latuni, Ralph Eduard Lombonaung Copyright (c) 2024 Iren Meiske Pesik, Fandy Latuni, Ralph Eduard Lombonaung https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/70 Tue, 23 Jan 2024 00:00:00 -0800 PENGOLAHAN KULIT LUAR BUAH KELAPA SEBAGAI PARTISI RUANGAN DENGAN TEKNIK ANYAM http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/72 <p><em>Penelitian ini mengeksplorasi pendekatan inovatif untuk mengolah material kulit luar kelapa dengan tujuan menciptakan partisi ruangan melalui teknik anyam. Penelitian ini menjawab kebutuhan akan solusi yang berkelanjutan dan serbaguna dalam desain interior dan manajemen ruang. Metodologi yang dikembangkan melibatkan pemilihan dan persiapan kulit luar kelapa yang cermat, diikuti dengan penerapan berbagai teknik menganyam untuk menciptakan partisi ruangan yang kuat dan estetis. Metodologi penelitian meliputi beberapa tahap, termasuk persiapan kulit luar kelapa melalui proses pembersihan dan pengkondisian, eksplorasi pola anyaman yang berbeda, dan evaluasi karakteristik struktural dan visual dari partisi yang dihasilkan. Alat-alat analisis canggih digunakan untuk menilai kekuatan tarik, fleksibilitas, dan daya tahan keseluruhan dari bahan anyaman serat kelapa. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki keberlanjutan lingkungan dan keramahan lingkungan dari teknik partisi ruangan yang diusulkan. </em><em>Hasil dari penelitian ini menawarkan wawasan yang berharga tentang potensi aplikasi material kulit luar kelapa dalam desain interior dan pemanfaatan ruang. Partisi anyaman tidak hanya menunjukkan kemampuan beradaptasi dan kekuatan serat kelapa, tetapi juga berkontribusi pada praktik berkelanjutan dalam penggunaan material. Temuan penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi pada solusi desain interior yang ramah lingkungan dan dapat menginspirasi penggabungan serat alami dalam elemen arsitektur.</em></p> Ayesha Aramita L. Malonda, Hendrik Suryo Suriandjo, Karry E.H. Umboh, Yogini A. Wulur, Ronald R. Tampinongkol, Jonathan Frensly Ijong Copyright (c) 2024 Ayesha Aramita L. Malonda, Hendrik Suryo Suriandjo, Karry E.H. Umboh, Yogini A. Wulur, Ronald R. Tampinongkol, Jonathan Frensly Ijong https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/72 Tue, 23 Jan 2024 00:00:00 -0800 Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus pada Minat Beli Konsumen di Mall Wamena Papua http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/73 <p>Komponen dari Pendapatan Nasional jika dilihat dari sisi pengeluaran dipengaruhi oleh Konsumsi, Investasi, Pengeluaran Pemerintah , dan Ekspor dan Impor atau Ekspor Netto dan Konsumsi yang dimaksud adalan konsumsi keluarga atau masyarakat yang tergolong dengan pengeluaran Konsumsi dari rumah tangga Keluarga, sedangkan investasi adalah pengeluaran dari Perusahaan dan juga ada pengeuaran pemerintah dan eksport netto atau ekspor bersih menjadi faktor faktor penentu pendapatan nasional dilihat dari sisi pengeluaran. Investasi dari sektor swasta penting bagi peningkatan pendapatan Nasional termasuk dengan efek multiplayer atau effect Multiplier dari Investasi tersebut. Investasi dengan membangun pusat pusat belanja atau pasar modern yang di kenal dengan Mall masih dianggap memiliki prospek yang baik walau di tengah ancaman dari pasar online maupun pasar tradisional juga dengan tekanan perkembangan minimarket seperti indo maret, alfa mart dan bisnis ritel yang menjamur di Indonesia. Di penghujung tekanan Covid 19 yang mulai mereda APPBI atau Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia melalui ketuanya menyatakan sejumlah pusat belanja akan segera dibangun di beberapa daerah dengan dana mencapai Rp 8,25 Trilyun seiring dengan peningkatan konsumsi masyarakat di tahun 2022. Wall Wamena adalah pusat belanja yang terletak di kota Wamena tepatnya di di Jalan Trikora dan berdiri sebagai satu satunya pusat belanja modern di kota ini, Akses transportasi dari kota jayapura dan Kota Timika adalah transportasi udara atau pesawat terbang yang menyebabkan harga harga di mall Wamena mengalami peningkatan karena di pengaruhi oleh biaya distribusi atau transportasi yang mahal. Selain harga yang mahal permasalahan lain adalah minat beli masyarakat juga kelihatan kurang, karena tergambar dengan jumlah pengunjung yang kurang, pada hal kota Wamena memiliki jumlah penduduk 41 ribu jiwa . tujuan dari penelitian ini adalah Ingin mengetahui berapa besar pengaruh variabel harga dan kualitas barang terhadap minat beli masyarakat di Mall Wamena papua baik secara parsial maupun secara simultan atau bersama sama. Penelitian ini variabel bebas atau Independent Variabel terdiri dari 2 Variabel yaitu X1 adalah Harga dan X2 adalah Kualitas Produk sedangkan Variabel terikat atau dependent Variabel yaitu Minat Beli. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yaitu penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya yang berupa wawancara, jajak pendapat dari individu atau kelompok (orang) maupun hasil observasi dari suatu obyek, kejadian atau hasil pengujian (benda). Dengan kata lain, peneliti membutuhkan pengumpulan data dengan cara menjawab pertanyaan riset (metode survei) atau penelitian benda (metode observasi). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada obyek penelitian dan diisi secara langsung oleh responden. Hasil yang didapatkan adalah variabel harga dan kualitas barang berkontribusi terhadap minat beli Masyarakat Papua di Mall Wamena Papua.</p> <p>Besar hubungan antar variabel harga dan kualitas barang dengan minat beli baik secara parsial maupun simultan menunjukan hubungan yang rendah. Pengaruh variabel harga dan kualitas barang secara Parsial maupun simultan menunjukan pengaruh yang rendah. Walau hubungan dan pengaruh yang rendah namun dalam pengujian hipotesis menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan bahwa Variabel Harga dan kualitas barang berpengaruh terhadap Minat beli.</p> <p>&nbsp;</p> Jourie Pangemanan, Fandy Latuni, Rendius Wakur Copyright (c) 2024 Jourie Pangemanan, Fandy Latuni, Rendius Wakur https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/73 Tue, 23 Jan 2024 00:00:00 -0800 The Drawbacks Of Insufficient English Grammar Skills For The Toefl Proficiency Test http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/74 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya atau bahkan seberapa penting penguasaan keterampilan tata bahasa Inggris bagi siapa pun terutama siswa yang ingin mempersiapkan diri untuk tes kemahiran TOEFL. Dalam hal ini, peneliti juga melakukan survei terhadap siswa secara acak di kelas persiapan TOEFL untuk mengetahui kemampuan dan kemajuannya. Oleh karena itu, penelitian ini kemudian menggunakan uji hasil sampel dari perbedaan kemampuan siswa yang telah mengikuti TOEFL pretest dan Post-test menggunakan uji normalitas dan homogenitas secara statistik.</p> <p>Hasilnya, terlihat bahwa lebih dari 45% hasil pretest siswa menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka yang kemampuannya di bawah rata-rata tidak dapat mengikuti tes dengan baik karena kemampuan tata bahasa yang kurang. Sementara itu, para siswa yang mengikuti post-test setelah kelas persiapan menunjukkan bahwa mereka mendapatkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan tata bahasa mereka karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentang keterampilan bahasa yang penting dan strategi pengambilan tes yang diajarkan dan dikuasai. Oleh karena itu, hasil pretest dan post-test jelas menunjukkan bahwa siswa perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes kemahiran TOEFL untuk memperoleh nilai yang baik sesuai target. Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan siswa dengan melatih semua keterampilan akademik bahasa Inggris seperti membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara secara teratur.</p> Yayuk Christianti Copyright (c) 2024 Yayuk Christianti https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/74 Tue, 23 Jan 2024 00:00:00 -0800